Apa perbedaan antara SASS dan KURANG?

0
68
😉

Halo teman, Saudaraku 😉 , kali ini saya akan mencoba menjelaskan apa sih perbedaan antara SASS dan Less. Seperti yang kita ketahui bahwa SASS atau Less adalah Preprocessor CSS, yang berarti itu adalah alat untuk memudahkan kita untuk membuat file CSS terstruktur dan terorganisir, tanpa melalui proses yang rumit.

SASS dan Less adalah solusi untuk masalah ini, tetapi kedua kerangka kerja ini memiliki kelebihan. Apa itu?

Keuntungan SASS

Sass adalah kelanjutan Lembar Gaya yang Menakjubkan Secara Sintaksis.

Ada dua cara penulisan SASS, yaitu dengan menggunakan ekstensi .kelancangan atau .scss. Bedanya dari kedua file tersebut, jika. Sccss yang kita tuliskan kode SASS mirip dengan css, tetapi dengan penambahan fitur yang dimiliki oleh SASS, sementara .kelancangan sama sekali tidak menggunakan kurung kurawal dan titik koma.

Jadi bagi Anda yang lebih suka tanpa kurung kurawal dan titik koma, gunakan .sass, tetapi jika Anda terbiasa dengan css, gunakan .scss

Kelebihan lainnya, SASS lebih seperti bahasa pemrograman. Mengapa? Karena beberapa fitur seperti variabel, mixin, if, else, for while, loop. Jadi bagi Anda yang dulu memiliki latar belakang pengkodean sistem, Anda tidak akan kehilangan fitur ini di SASS, sungguh!

KURANG Keuntungan

Ada SASS dan KURANG, tetapi apa kelebihan yang dimiliki oleh KURANG?

KURANG menggunakan javascript, jadi Anda bisa menggunakannya kurang tanpa harus mengunduh kompiler lagi untuk mengubah dari .less ke .css. Dan Javascript sendiri adalah bahasa ibu dari situs web ini, sementara SASS menggunakan ruby, yang notabene masih merupakan minoritas di Indonesia.

Kelebihan lainnya, banyak yang mengatakan bahwa KURANG lebih mudah dipelajari. Mungkin bisa dilihat dari namanya saja, KURANG yang berarti tidak banyak atau sedikit, berarti apa yang dipelajari tidak terlalu banyak. Jadi Anda yang pindah dari CSS tidak terlalu pusing saat pindah ke KURANG.

Apa Perbedaan Dasar?

Sama tetapi berbeda, berikut adalah beberapa perbedaan yang harus Anda perhatikan ketika menggunakan SASS atau KURANG.

  1. Menulis menggunakan variabel SASS $, hampir mirip dengan PHP, saat menggunakan KURANG @ sebagai variabel.
  2. Dalam KURANG, perulangan hanya berlaku untuk angka. Sedangkan di SASS bukan, Anda bisa mengulang semua data yang bisa diulang.

Jadi yang mana yang harus saya pilih?

Menurut rekomendasi saya, saya lebih suka memilih SASS. Alasan mengapa? Komunitas desainer web sekarang lebih suka SASS daripada Less, karena lebih banyak fitur dan ada beberapa alternatif penulisan untuk menulis file SASS itu sendiri. Seperti yang saya katakan, Less tidak cukup kuat untuk saat ini.

Selain itu, Bootstrap yang notabene merupakan kerangka kerja paling populer di jagat internet, mulai mengubah kode Kurang itu menjadi SASS. Jadi, apa yang kamu pilih? Cukup komentar langsung di bawah ini, atau jika Anda memiliki pertanyaan tentang artikel ini, Anda dapat langsung bertanya di kotak komentar 😀

Posting Apa perbedaan antara SASS dan KURANG? muncul pertama kali di Garuda Pixel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here